LPM Sewilayah III Cirebon Mengadakan Kumpulan di Sekretariat LPM Sinergis Uniku


Anggota dari LPM Sinergis Uniku, LPM Setara Unswagati, LPM FatsOeN IAIN, dan LPM Latar ISIF, melakukan sesi foto-foto setelah kumpulan selesai, di lapangan rektorat Universitas Kuningan, Senin (12/8/2019).

LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) yang tergabung ke dalam perkumpulan LPM sewilayah III Cirebon, berkumpul di sekretariat LPM Sinergis Uniku (Universitas Kuningan) pada hari Senin (12/8/2019), dalam rangka kumpulan rutin LPM sewilayah III Cirebon yang diadakan satu bulan sekali.

Kumpulan tersebut merupakan kumpulan rutin ke-2 setelah setelah sebelumnya kumpulan diadakan di sekretariat LPM Setara Unswagati (Universitas Swadaya Gunung Jati).

LPM yang hadir dalam kumpulan tersebut adalah: LPM Sinergis Uniku sebagai tuan rumah, LPM Setara Unswagati, LPM FatsOeN IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Syekh Nurjati, dan LPM Latar ISIF (Institut Studi Islam Fahmina).

Tujuan diadakannya kumpulan rutin tersebut adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar anggota LPM sewilayah III Cirebon, agar semakin solid dan dapat saling membantu satu sama lain.

“Kalau ikatan kita sudah solid, kita akan mudah bergerak bersama-sama,” kata Muhammad Syahri Romdhon, jurnalis yang menginisiasi perkumpulan LPM sewilayah III Cirebon, Senin (12/8/2019).

Menurutnya, setiap kumpulan setidaknya ada dua hal yang harus dilakukan. Pertama, memberi kesempatan kepada tuan rumah tempat diadakannya kumpulan untuk menyampaikan keluh kesah terkait dengan kondisi LPM di kampusnya.

“Karena tempat curhat itu penting dalam berbagai hal. Biarkan tuan rumah menyampaikan unek-uneknya, nanti kalian semua saling membantu, berbagi pengalaman, untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” kata Bung Aray, panggilan akrab Muhammad Syahri Romdhon.

Kedua, membahas langkah konkret yang akan dilakukan LPM dari tuan rumah setelah kumpulan rutin tersebut.

“Supaya nanti ada hasilnya setelah kumpulan itu, ada hal yang akan dicapai, jadinya kumpulan ini bukan hanya kumpulan kosong saja,” jelas Bung Aray.

Permasalahan LPM tuan rumah, dalam hal ini LPM Sinergis Uniku, yang dibahas pada hari itu, salah satunya adalah: bagaimana menyamaratakan kemampuan menulis LPM Sinergis Uniku.

Bung Aray menjelaskan agar setiap anggota dapat menulis, maka setiap anggota harus membaca. Lalu, hasil bacaan itu didiskusikan dengan sesama anggota LPM. Maka, secara perlahan kemampuan menulis setiap anggota akan meningkat.

“Kalian bilang ingin dapat menulis berita dengan baik. Sebelumnya saya tanya dulu, kalian suka baca berita enggak? Untuk dapat menulis straight news ya kalian harus baca straight news, untuk dapat menulis feature ya kalian harus baca feature, dan yang lainnya,” kata Bung Aray.

“Saya sarankan setiap anggota rutin membaca berita, dan hasil bacaan itu diskusikan dengan teman-teman, agar kalian terbiasa mengungkapkan apa yang kalian pikirkan,” tambahnya.

Setiap anggota dari masing-masing LPM yang hadir juga memberikan masukannya. Seperti LPM Latar ISIF, memberi masukan dengan berbagi pengalamannya berdiskusi mengenai tulisan.

Jadi setiap satu minggu sekali, kami (LPM Latar) membahas satu tulisan berita. Di sana dibahas kurangnya bagaimana dan baiknya seperti apa, itu akan membuat kemampuan menulis anggota juga meningkat,” kata Fachrul Misbahudin, anggota LPM Latar ISIF, Senin (12/8/2019).

Atas dasar saran-saran tersebut, langkah konkret LPM Sinergis ke depannya adalah: mengadakan diskusi mengenai berita yang sebelumnya telah dibaca setiap anggota, dengan tujuan agar setiap anggota dapat menulis berita dengan baik; dan mengadakan rapat redaksi rutin setiap minggu agar berita dan pembagian tugas menjadi terarah.

“Terima kasih atas saran dari kalian semua untuk kemajuan LPM Sinergis ini. Untuk langkah konkret yang dilakukan Sinergis, pertama, mengadakan diskusi tulisan berita sesuai saran dari Bung Aray. Kedua, mengadakan rapat redaksi setiap minggu,” ucap Tri Asep Tumbara, Pemimpin Umum LPM Sinergis Uniku, Senin (12/8/2019).

Kumpulan hari itu selesai sekitar pukul 15.30 dan ditutup dengan sesi foto-foto. Tuan rumah kumpulan rutin berikutnya adalah LPM FatsOeN IAIN.


Reporter: Lutfi Slamet Riadi & Maryati
Penulis: Tri Asep Tumbara
Editor: Tri Asep Tumbara

Posting Komentar

0 Komentar