Memperingati Hari Puisi Nasional, HIMA PBSI adakan Gelar Wicara

Foto Acara Gelar Wicara Puisi Orkestra Jilid II oleh Luthfi.



www.lpmsinergis.com - Minggu (26/5/2019), Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (HIMA PBSI) menyelenggakan Gelar Wicara Puisi Orkestra Uniku Jilid II yang bertempat di Gedung Student Center Iman Hidayat Universitas Kuningan.

Acara tersebut diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Puisi Nasional, dengan mengangkat tema “Berkarya Dalam Kemesraan Puisi”. Gelar wicara ini merupakan acara puncak penutupan dari kegiatan lomba cipta dan baca puisi, yang ditujukan untuk para pelajar SMA/MA/SMK sederajat. Perlombaan cipta dan baca puisi ini berlangsung  sejak tanggal 1 Mei.

Pembicara yang diundang pada acara ini, diantaranya Kang Muhammad Khoerul Anwar (Kepala Sekolah Laboratorium Seni Cirebon), Teh Ira Rahayu, M.Pd. (Penulis, Dosen PBSI UNSWAGATI Cirebon) dan Kang D. Ipang Kusmawi (Sutradara & Aktor Teater Sado, Pimpinan Redaksi Majalah Dialektika). Ketiga tokoh tersebut selain diundang sebagai pembicara juga dipercayai menjadi juri pada perlombaan puisi tahun ini.

Teh Ira Rahayu menjelaskan bahwa “karya sastra puisi saat ini masih relevan dan banyak diminati.” Dan dalam menulis puisi juga ada tahapan tertentu seperti pada tahap pra menulis puisi.

Ia juga menambahkan bahwa para penulis biasanya mendapatkan ide dari membaca kehidupan, membaca buku-buku karya terdahulu dan memaknai setiap peristiwa yang telah dilalui yang berguna untuk memperkaya diksi puisi. Tahapan selanjutnya yaitu mulai menulis dengan menuliskan apa yang sedang dipikirkan atau sedang dirasakan, kemudian periksa ulang tulisan tersebut dengan membacanya berkali-kali dan lakukan tahap pengeditan.

Orkestra Uniku Jilid II ini berbeda dengan tahun sebelumnya (Jilid I), acara tahun lalu mengusung tema perfilman dengan nonton film bareng serta mendatangkan sutradara dan aktor-aktor film asal Kuningan. Sedangkan tahun ini, terfokus dengan karya sastra puisi.

“Tujuan diselenggarakannya acara ini selain untuk memperingati Hari Puisi Nasional yaitu menggali minat bakat generasi muda dan menjalin tali silaturahmi antara pelajar, mahasiswa, dan masyarakat.” ujar Akbar Dwijaya selaku Ketua Pelaksana Acara.

Penulis                 : Lutfi Slamet
Reporter               : Aida Fitriani
Editor                   : Muhammad Jahidin


Posting Komentar

0 Komentar