Pemberitaan Media Terkait Mahasiswa Uniku yang Meraih Best Presentation

Dini Rizky Amelia (kiri) dan Iin Inayah (kanan), mahasiswa Uniku yang mendapat Best Presentation dalam LKTIN Biologi Expo 2019. Foto: uniku.ac.id


www.lpmsinergis.com – Beberapa hari terakhir, beberapa media daring di Kuningan memberitakan bahwa dua mahasiswa Uniku (Universitas Kuningan) dari program studi Pendidikan Biologi, Iin Inayah dan Dini Rizky Amelia, mendapat juara tingkat nasional dalam perlombaan karya tulis ilmiah. 

Salah duanya adalah berita yang dimuat di situs resmi Uniku sendiri yang berjudul: Dua Mahasiswa Biologi Uniku Raih Juara Nasional di Untirta Serang Banten dan yang dimuat di Kuningan Maju dengan judul: Mahasiswa Uniku, Kalahkan PTN Ternama di Kancah Nasional. 

Merupakan suatu kebanggaan jika memang benar terdapat mahasiswa Uniku yang mendapat juara di tingkat nasional dan mengalahkan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) ternama di Indonesia. Namun pertanyaannya adalah benarkah demikian? 

Fakta 
Berdasarkan hasil penelusuran dari reporter Sinergis, LKTIN (Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional) tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa (Hima) Pendidikan Biologi Untirta (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). LKTIN adalah salah satu perlombaan dalam acara Biologi Expo yang diselenggarakan setiap dua tahun sekali. 

Biologi Expo merupakan program kerja Himpunan (Mahasiswa) jurusan Pendidikan Biologi Untirta, diadakan rutin dua tahun sekali,” jelas Desi Nur Noviani, Ketua Pelaksana Biologi Expo 2019, saat diwawancarai melalui pesan WhatsApp, Senin (2/12/2019).

Berdasarkan informasi yang reporter Sinergis dapatkan dari Desi, yang mendapat juara dalam LKTIN tersebut adalah sebagai berikut:

Juara 1: Tim Anggraeni Sri Wahyuni dari Universitas Hasanuddin
Juara 2: Tim Nabillah Sarawita dari Universitas Sumatra Utara
Juara 3: Tim Chrisna Indrajaya dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa 

Lalu, tim dari Uniku mendapat juara ke-berapa? Dalam LKTIN tersebut terdapat beberapa penghargaan: Juara 1, 2, dan 3; Juara Favorit; dan Best Presentation.

Yang mendapat Juara Favorit adalah Tim Fajar Yulitradastanto dari Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Sedangkan yang didapatkan tim dari Uniku sendiri adalah Best Presentation.

Jadi, tim dari Uniku yang diketuai Iin Inayah tidak mendapat juara (baca: juara pertama), melainkan mendapat Best Presentation. Hal ini dikonfirmasi sendiri oleh Iin. 

Kalo kita (tim dari Uniku) tuh enggak masuk tiga besar. Kita masuknya (mendapat) Best Presentation,” kata Iin, saat diwawancarai, Selasa (3/12/2019). 

Kalau yang lain presentasinya itu kayak perkuliahan (di kelas). Kalo kita enggak, kita ada seni-seninya lha,” jelas Iin.

Media daring di Kuningan (situs resmi Uniku, KuninganMass, KuninganMaju, dan BingkaiWarta) yang memberitakan hal tersebut membuat seolah-olah tim dari Uniku mendapat juara pertama. Tidak disampaikan bahwa dalam perlombaan tersebut terdapat beberapa penghargaan. Tidak disampaikan juga bahwa tim dari Uniku tidak masuk ke dalam tiga besar.

Informasi yang tidak disampaikan kepada pembaca tersebut membuat pembaca berkesimpulan bahwa mahasiswa Uniku meraih juara pertama. 

Kesimpulan 
Berdasarkan penelusuran dan wawancara yang dilakukan, informasi bahwa dua mahasiswa Uniku mendapat juara nasional bersifat sebagian salah (partly false). Memang benar dua mahasiswa Uniku mendapat penghargaan, tetapi bukan sebagai juara pertama melainkan sebagai Best Presentation. 

Reporter: Tri Asep Tumbara & Michael Frans Hermanias
Penulis: Tri Asep Tumbara 
Editor: Tri Asep Tumbara

Artikel ini sebelumnya berjudul "Benarkah Dua Mahasiswa Uniku Meraih Juara Nasional?". Juga terdapat beberapa informasi yang dihapus atas keinginan narasumber.

Posting Komentar

0 Komentar