LPM Sinergis, Menyuarakan Suara Kritis Mahasiswa


Logo Pers Mahasiswa Sinergis
www.lpmsinergis.com - LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Sinergis atau Persma (Pers Mahasiswa) Sinergis adalah Ormawa (Organisasi Kemahasiswaan) Uniku (Universitas Kuningan) yang bergerak di bidang kejurnalistikan. Sinergis adalah media massa-nya mahasiswa Uniku, surat kabar kampus, dan para anggota LPM Sinergis bisa disebut sebagai para jurnalis kampus.

LPM Sinergis didirikan pada saat hari kasih sayang, enam tahun yang lalu, pada tanggal 14 Februari 2013. Saat itu namanya belum menjadi LPM Sinergis, hanya LPM saja. Baru pada tahun lalu, LPM berubah tepatnya ditambahkan nama, menjadi LPM Sinergis. Jadi, Sinergis adalah nama untuk pers mahasiswa yang berada di Uniku.

Sebagai media pers, Sinergis tentu berbeda dengan Humas (Hubungan Kemasyarakatan) Uniku, yang hanya sekadar memberitakan kegiatan-kegiatan lembaga universitas, yang hanya melaporkan yang baik-baik saja. Sinergis, sebagai lembaga pers yang dimiliki oleh mahasiswa, tentu harus kritis. Entah itu baik atau buruk, jika itu benar, akan Sinergis beritakan.

Mengenai cakupan peliputan Sinergis, sebenarnya cakupannya tidak hanya lingkungan kampus Uniku saja. Perisitiwa atau isu yang diberitakan oleh Sinergis juga mencakup yang berada di luar Uniku. Namun, seperti media lokal yang fokusnya pada lokasi tempat di mana media itu berada, Sinergis juga lebih berfokus terhadap perisitiwa atau isu-isu yang berada di kampus Uniku.

Sinergis juga secara aktif menyuarakan dan juga mendorong suara-suara kritis mahasiswa Uniku umumnya dan anggota Sinergis khususnya. Jadi, Sinergis tidak hanya memberitakan peristiwa, tetapi juga menyampaikan gagasan dan pemikiran kritis. Opini-opini, baik itu dari anggota Sinergis maupun bukan akan kami tampung dan suarakan.

Kegiatan sehari-hari Sinergis seperti media massa pada umumnya, tentunya adalah melakukan peliputan, dari mulai wawancara sampai menulis berita. Selain itu, dalam rangka mendorong atau mematik suara-suara kritis para anggota, Sinergis juga melakukan diskusi dengan sesama anggota, setiap anggota akan saling menyampaikan gagasannya dan berdebat satu sama lain.

Jadi, kegiatan Sinergis tidak hanya melakukan peliputan, para anggota juga saling berbagi pemikiran. Tidak hanya berita yang Sinergis tulis, Sinergis juga menulis opini, pemikiran, puisi, cerpen, dan yang lainnya. Singkatnya, apa yang Sinergis lakukan adalah kegiatan literasi.

Sinergis terbuka bagi siapapun yang memiliki minat terhadap kejurnalistikan, bagi siapapun yang memiliki minat terhadap menulis, entah menulis berita atau menulis pada umumnya, bagi siapapun yang ingin mengembangkan pemikiran kritisnya.


Penulis: Tri Asep Tumbara
Editor: Tri Asep Tumbara

Posting Komentar

0 Komentar