Setitik Perjuangan dalam Proses Kehidupan!

Ilustrasi gambar oleh Abz



Kehidupan adalah suatu hal yang harus terus dijalani. Dijalani dengan kemampuan dan niat yang tulus, bahwa saya harus “bertahan hidup” dan “memperjuangkan kehidupan”. Ketika pagi menyapa harus ada seuntai senyuman manis di wajah saya, sehingga semangat berjuang akan berkorbar, tekad kuatpun akan hadir dalam setiap langkah pasti yang akan dijalani.

Sebuah proses adalah hal yang mutlak yang harus diterima dan harus dijalani. Ketika saya menolak untuk berproses maka saya juga telah menolak untuk memperjuangkan kehidupan saya di masa yang akan mendatang.

Perjuangan itu perlu dilakukan untuk meraih apa yang kita inginkan. Jangan terlalu sibuk memikirkan apa yang orang lain katakan tentang kehidupan apa yang sedang kita lakukan. Karena mereka tidak berhak menentukan “saya akan jadi seperti apa.” Terus lakukanlah sesuai dengan keyakinanmu, ketika kamu yakin terhadap pilihanmu berada pada jalan yang benar. Karena semua orang berhak untuk menentukan kehidupannya sesuai dengan semangat dan tekad dalam hati nuraninya.

Saya berpikir mengenai kehidupan seperti ini, “ketika pagi menyapa, siangpun akan hadir dan malampun pasti akan tiba.” Maksud dari pemikiran saya adalah; ketika saya mendapatkan sebuah titik cerah dalam kehidupan, pasti akan hadir proses yang sulit dan mudah untuk dijalani, ataupun terik dan hujan yang akan menjadi kekuatan kita untuk melawan arus kehidupan. Dan pastinya, sebuah jalan keluar-pun akan diterima sesuai dengan proses yang kita jalani, entah itu sebuah kebahagiaan ataupun sebaliknya.


Perjuangan itu harus ada dalam sebuah kehidupan, karena yang membutuhkan perjuangan itu tidak melulu soal cinta dan perasaan. Semangat untuk berjuang itu artinya kalian (termasuk penulis) semangat untuk menentukan kebaikan dan kesuksesan di masa yang akan datang.

Salam hangat dari penulis untuk pembaca sekalian. Tulisan ini dibuat pada malam hari yang dingin karena turunnya hujan, memberikan ketenangan untuk menuliskan sebuah celotehan ini. Dan jangan lupa ngopi!

Penulis : May
Editor : Muhammad Jahidin

Posting Komentar

0 Komentar