Forum Komunikasi Mahasiswa



www.lpmsinergis.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Kuningan (BEM UNIKU), melalui Mentri Dalam negeri (Mendagri) menyelenggarakan kegiatan Forum Kajian Mahasiswa (FKM) untuk yang pertama kalinya. FKM kali ini bertemakan “Peran Mahasiswa di Bidang Politik”, dengan dipandu oleh Rian Darmansyah Intani sebagai moderator dan narasumber dari Komisioner KPU Kabupaten Kuningan Dudung, Wakil Rektor III Ilham Ahdiya, M.Si dan Erga Yuhendra, M.H. Dihadiri juga oleh perwakilan BEM dari masing-masing fakultas yang ada di Universitas Kuningan.
Diskusi ini diselenggarakan bertepatan dengan akan diadakannya Pemilihan Umum Serentak pada tanggal 17 April 2019 mendatang, dimulai dari pembahasan politik dan keterlibatan mahasiswa didalamnya.

Politik itu bukan barang yang kotor, tetapi yang menjadikannya ia kotor adalah para pelaku yang menungganginya. Dan dengan politik juga, menjadi tegaknya pilar-pilar demokrasi di Indonesia, untuk mendirikannya butuh perjuangan dan pengorbanan termasuk darah bahkan nyawa. Jika ditarik simpulnya, peranan serta keterlibatan Mahasiswa dalam membangun demokrasi sangat erat kaitannya.

Sejak pemerintahan Orde Lama dan Orde Baru berkuasa, demokrasi di Indonesia seperti dikebiri. Dimana manisnya demokrasi belum bisa dirasakan sepenuhnya oleh rakyat.  Bahwa pasca Reformasi, baru bisa realisasikannya pemilihan umum yang Jurdil (Jujur dan Adil)dan Lube (Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia).

Pemilu tahun ini dilaksanakan serentak dengan mencoblos, memilih 5 surat suara yakni Presiden dan Wakil Presiden, DPR-RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan DPD. Dan lebih didominasi oleh Presiden dan Wakil Presiden dibandingkan Calon Legislatif yang berkontestasi di daerah masing-masing.

Peran Mahasiswa atau dalam hal ini, pemuda di pemilu serentak Tahun 2019 cenderung lebih apatis dan acuh tak acuh dengan nasib bangsa sendiri untuk beberapa tahun mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar