Buku adalah Penyelamat bagi Saya


Ilustrasi buku. Sumber: Free-Photos/Pixabay.

www.lpmsinergis.com - Di sini saya akan menceritakan apa yang telah saya rasakan dengan melakukan aktivitas membaca buku, dan hal tersebut sangat berpengaruh dalam kehidupan serta mental saya.

Saya adalah orang yang terbilang tidak menyukai untuk membaca buku, alasannya, yah, kalian tahu sendiri bahwa melihat ketebalan buku saja sudah malas apalagi untuk memahami dan membacanya.

Di kelas, saya mempunyai teman yang bernama Arfan, dia sangat gemar membaca buku dari dialah saya mulai menyukai buku karena memang dia selalu memaksa saya untuk membaca. Awalnya dia selalu menjelaskan buku yang dia baca seperti apa dan bagaimana, saat itu saya kurang tertarik dengan pembahasannya, lalu lama kelamaan saya mulai tertarik dari pembahasaannya hingga sekarang.

Sedikit bercerita tentang dia. Hari itu, tepatnya lupa hari apa, yang jelas tempatnya di lobi fakultas, saya berbincang-bincang dengannya dan saya merasakan kecocokan dalam hal obrolan. Di kemudian hari dia berkunjung ke rumah saya dan lagi-lagi saya berbincang-bincang dengan dia tentang keluh kesah yang saya alami begitupun dengannya dimana dia mengalami hal yang sama. Kita sering berdiskusi tentang segala hal entah itu politik, sosial budaya, buku, musik, hingga remeh temeh kehidupan. 

Saya menyukai buku tidak hanya dari si Arfan saja, tapi karena pada saat itu juga saya di sodorkan sebuah buku oleh kakak sepupu, bukunya kalo tidak salah adalah Dunia Sophie. Buku ini adalah buku pengantar filsafat pertama bagi saya dan dengan buku inilah saya dapat memahami apa itu filsafat, khususnya filsafat barat.

Sedikit menjelaskan tentang buku ini, bahwa buku ini bukanlah hanya sekadar pengantar seperti buku-buku lain yang jika saya baca selalu membosankan pembahasannya. Meski buku pengantar, sebenarnya buku ini adalah novel dan jika dibaca sangat seru sekali. Saya mulai membaca hanya beberapa minggu dan mampu membaca di bawah 150 halaman. 

Saya pernah berhenti membaca karena beberapa hal dan mulai tersadar pada saat memasuki awal perkuliahan, bahwa membaca itu sangat penting dan dengan membaca segala ilmu pengetahuan bisa didapat dan dibagikan.

Saya merasakan hal yang tidak terduga di samping mendapatkam ilmu yang bermutu, saya merasakan ketenangan dalam kehidupan, jelang beberapa minggu saya merasa lebih bahagia setelah sering membaca.

Saya merasakan manfaat dari membaca ternyata sangat banyak yang salah satunya telah saya alami adalah menjadi pribadi tenang meski mungkin beberapa orang berbeda dengan yang saya rasakan.

Hingga hari ini saya tidak pernah lepas dari yang namanya membaca buku karena dengan membaca itulah saya seperti bisa lepas dari cengkraman duniawi dan buku, jika boleh saya katakan sebagai sebuah penyelamat.

Teruntuk kalian yang belum pernah membaca, cobalah untuk menyukai aktivitas membaca, karena dengan membaca itu sangat amat penting entah untuk kehidupan atau pendidikan. Mulailah dengan mencoba buku yang sesuai dengan apa yang kamu gemari, misalnya buku pengetahuan atau sebagainya.


Penulis: Bagas Prasetya
Editor: Arfan Muhammad Nugraha

Posting Komentar

0 Komentar