Berkenalan Dengan Musik Jazz

Kredit gambar : myedisi


www.lpmsinergis.com – Musik jazz. Iya, salah satu jenis genre musik yang mungkin banyak dari pembaca belum terlalu mengenal dengan genre musik ini. Frank Sinatra, Miles Davis, Billie Holiday, Louis Armstrong, adalah contoh segelintir musisi yang berkecimpung digenre musik jazz. Berbicara soal musik jazz, musik yang satu ini sudah sangat lama ada serta memiliki sejarah yang sangat panjang dan pendengarnya pun dari berbagai kalangan, entah itu remaja, dewasa, dan lansia.

Ada pepatah mengatakan bahwa “Tak kenal maka tak sayang” maka dimulai dari sinilah saya akan memperkenalkan musik jazz kepada anda semua.

Berkenalan dengan musik jazz.

Musik jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke – 20 dengan akar-akar dari musik Afrika dan Eropa. Musik jazz sendiri banyak menggunakan alat musik seperti, gitar, trombone, piano, trompet, dan saksofon. Elemen paling penting dari musik jazz adalah blue notes, dan shuffle notes.

Banyak yang berpendapat musik jazz berasal dari Eropa, dan ada juga yang berpendapat dari Afrika. Maka bila dijabarkan akan banyak dan panjang sekali definisi dari musik jazz, namun disini penulis akan mempersingkatnya. Menurut kritikus jazz, Joachin Berendt, mendefinisikan jazz sebagai bentuk seni musik yang berasal dari Amerika Serikat melalui konfrontasi orang kulit hitam dengan musik eropa. Ia berpendapat bahwa jazz berbeda dari musik Eropa dalam jazz yang memiliki hubungan khusus untuk waktu, yang didefinisikan sebagai “ayunan,” sebuah spontanitas dan vitalitas produksi musik dimana improvisasi memainkan peran, dan kemerduan atau cara ungkapan yang cermin individualitas dari musisi jazz lakukan.



Asal-usul dari kata jazz adalah salah satu yang paling dicari dalam bahasa Inggris Amerika modern. Jazz sendiri dimulai sebagai istilah slang atau yang sering kita artikan sebagai bahasa gaul, disini musik jazz belum ada dan nama jazz sendiri bukan aliran musik. Sekitar tahun 1915 tepatnya di Chicago, kata “jazz” datang dari kelompok musik jazz disana. Tetapi sebenarnya sebelum dari Chicago, musik jazz pernah dimainkan di New Orleans namun tidak disebut sebagai musik jazz.

Hingga sampai saat ini, musik jazz masih didengarkan oleh beberapa kalangan dan musik jazz sekarang ini lebih variatif disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Rekomendasi musik jazz.

Beberapa musik jazz yang sangat perlu kalian dengar, agar kalian jatuh hati dengan musik ini.



1. Miles Davis – Kind of Blue 
Lagu kind of blue mulai dirilis pertama kali pada tanggal 17 Agustus 1959 di Amerika
Serikat. Lagu ini juga dinilai sebagai karya terbesar yang pernah diciptakan oleh seorang Miles Davis. Sehingga, dalam perjalanan karir bermusiknya, lagu kind of blue sangat terkenal.

2. Louis Armstrong – What a Wonderful World
Lagu ini merupakan, lagu yang benar-benar indah, hanya dengan mendengarkan lagu ini akan membuat anda sebagai pendengar merasakan kesenangan dan sangat tenang. Lagu ini sangat menghibur, dengan lirik yang indah, alunan musik yang nikmat, dan suara yang serak tetapi merdu.

3. Ella Fitzgerald – Summertime 
Lagu yang memiliki suasana bahagia dan ceria ini bisa membuat anda jatuh cinta bahkan pada detik-detik awal dimainkannya lagu ini. Di dalam lagu ini pun, Ella Fitzgerald tidak bernyanyi sendiri tetapi ditemani oleh Louis Armstrong.

4. Al Jerreau – Rain In Your Eyes 
Lagu yang dibawakan oleh Al Jerreau ini, membuat anda dapat merasakan semangat dan sensasi Al Jerreau. Pada dasarnya, Al Jerreau memang salah satu musisi langka yang memberikan nuansa ceria dari dalam dirinya, karena ia sendiri percaya diri bahwa lagunya adalah lagu yang sangat menyenangkan. Di lagu ini memiliki ciri khas yang tidak bisa dilupakan oleh penikmat musik jazz, ialah pada cengkok yang dikolaborasikan dengan improvisasi musik yang unik, diberikan Al Jerreau saat menyanyikan lagu ini.

Penulis: Arfan Muhammad N
Editor : Muhammad Jahidin

Posting Komentar

0 Komentar